Pages

24 April 2009

Tuah Hiddink vs Kesialan Ballack

Pada musim kompetisi 2008/2009 ini menarik kita tunggu kiprahnya klub Inggris "The Blues" Chelsea. Dalam klasemen sementara BPL Chelsea berada di peringkat ke-3 dibawah duo red yaitu "Red Devils" MU dan "The Reds" Liverpool. Sementara di FA Cup Chelsea sudah mencapai final dan akan bertarung melawan Everton di Wembley Stadium pada penghujung musim nanti. Prestasi Chelsea musim ini tidak sampai di situ, saat ini mereka sudah berhasil mencapai semifinal Champions League dan akan berhadapan dengan klub Spanyol Barcelona.



Sejak awal tahun The Blues ditangani oleh pelatih bertangan dingin Luis Felipe Scolari. Namun karena prestasinya dianggap terburuk sejak era Maurinho, maka di pertengahan musim ini didatangkanlah pelatih bertangan emas Guus Hiddink (bukan nama caleg PKB lho).

Sejak ditangani Hiddink, performa The Blues semakin membaik bahkan difavoritkan untuk dapat merengkuh gelar Liga Champions musim ini. Mungkinkah itu?

Apabila menilik pada prestasi Hiddink sebagai pelatih, tidak kita ragukan lagi kemampuannya. Di era 80-an Hiddink berhasil membawa klub papan tengah eropa PSV Eindhoven menjadi juara Champions Cup (sebuah prestasi yang kemungkinan sangat sulit untuk diulangi oleh PSV Eindhoven). Kemudian di level tim nasional Hiddink berkiprah pertama kali dalam world cup '98 di Perancis dan berhasil membawa Belanda ke semifinal dan hanya kalah dengan Brazil lewat adu penalti. Lanjut di world cup 2002 Korea-Jepang, Hiddink membawa tim tuan rumah Korea Selatan untuk pertama kalinya menjejakkan kaki di semifinal. Pada world cup 2006 Jerman Hiddink kembali berhasil membawa timnya untuk pertama kali masuk ke babak perdelapan final kali ini tim yang ditanganinya adalah Australia. Setelah itu di 2008 lalu pada perhelatan Sepakbola Eropa Euro di Austria-Swiss, Hiddink membawa tim yang tidak diunggulkan yaitu Rusia untuk masuk ke semifinal dengan terlebih dahulu menyingkirkan tim yang paling ditakuti pada turnamen tersebut yaitu tim dari negaranya sendiri Belanda.

Melihat prestasi pelatih The Blues di atas, publik tidak meragukan lagi bahwa Chelsea akan berprestasi untuk dapat meraih tropi Liga Champions untuk pertama kalinya. Namun perlu juga diperhitungkan "faktor kesialan" yang dimiliki Chelsea.

Saat ini Chelsea memiliki pemain internasional asal Jerman yaitu Michael Ballack yang menjadi playmaker The Blues. Pemain ini nampaknya menjadi "faktor kesialan" bagi The Blues. Coba saja lihat nomor punggung Michael Ballack: 13 - Sebuah angka yang terkenal sebagai angka sial.

Prestasi "sial" dari Michael Ballack sudah cukup banyak tercatat. Dimulai pada musim kompetisi 2001/2002 ketika Ballack memperkuat Bayer Leverkusen, Ballack berhasil membawa Leverkusen ke tingkat atas Bundes Liga dan menjadikan Leverkusen menjadi runner-up Bundes Liga. Kemudian di Liga Champions Ballack berhasil membawa Leverkusen ke final namun kembali Leverkusen kandas oleh Los Galacticos Real Madrid yang kala itu masih diperkuat oleh Zinedine Zidane. Kesialan Ballack belum berakhir, pada tahun itu juga di world cup Korea-Jepang, Ballack memperkuat tim nasional Jerman dan berhasil membawa Jerman ke final menghadapi Brazil. Namun upayanya kembali kandas dan kembali menjadi runnner-up setelah dikalahkan dengan skor 0-2. Kesialan berlanjut di musim lalu 2007/2008 ketika Ballack memperkuat Chelsea. The Blues kembali menjadi runner-up BPL, kemudian di Liga Champions The Blues dikalahkan Red Devils di final dengan adu penalti sehingga musim lalu Chelsea meraih "double runner-up".

Bagaimana dengan tahun ini? tuah siapakan yang lebih hebat? apakah tangan emasnya Hiddink atau kesialan Ballack? Apabila tuah emas Hiddink lebih hebat maka Chelsea akan mungkin untuk meraih juara Liga Champions untuk pertama kalinya dan kemungkinan besar pula akan meraih juara Piala FA. Namun apabila tuah kesialan Ballack yang lebih hebat maka Chelsea tahun ini kemungkinan akan meraih "treble runner-up".

2 komentar:

chelsea mengatakan...

woy yang buat blog jangan asal ngomong kalau ballack pembawa kesialan,,mungkin wajah loe tuh yang bawa bencana bagi indonesia...........


yang bikin blog gila,saraf,stres,

Anonim mengatakan...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....