Pages

03 Desember 2007

Grup Neraka Euro 2008 Terjadi Juga

Akhirnya apa yang saya takutkan mengenai hasil drawing EURO 2008 hampir terjadi (atau terjadi 85%). Ternyata Belanda, Perancis dan Italia memang terkumpul dalam satu grup di Grup C. Hanya Jerman sebagai tim besar yang selamat berada di Grup B bersama tuan rumah Austria, Kroasia dan Polandia. Ini artinya kita harus siap-siap kehilangan satu atau bahkan dua tim besar di babak-babak awal.

Ternyata hasil drawing semalam tidak menghasilkan Grup "Gurem", hanya saja grup terlemah tercipta di Grup D yang dihuni oleh Yunani (juara bertahan), Swedia, Spanyol dan Rusia. Yang menarik di Grup D juga adanya kemiripan dengan EURO 2004 dimana pada penyelenggaraan di Portugal tersebut satu grup dihuni oleh Yunani, Spanyol dan Rusia. Hanya Portugal yang terpisah dan menghuni grup lain di Grup A bersama tuan rumah Swiss, Rep. Ceska dan Turki.






Berikut pembagian grup secara lengkap,

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju, Bung Robby...Jerman merupakan tim besar yang selamat alias lolos dari Grup Maut (Grup C), dengan demikian Tim Panzer masih cukup waktu untuk membenahi mental turnamen mereka secara perlahan2 sejak di putaran Grup B sebagai bekal untuk menghadapi tim2besar lain di fase knock out. Sedangkan untuk Grup C, saya lebih cenderung untuk menjagokan Italia & Belanda yg akan lolos dari Grup Neraka tsb. Pengalaman & Kematangan para pemain yg dimiliki oleh kedua tim tsb menjadi modal penting dalam mengarungi turnamen sekelas Euro maupun World Cup.
Saya jg melihat beberapa tim yg sudah matang seperti Italia, Jerman, Belanda, Portugal, dan Ceska akan mampu melangkah lebih jauh di turnamen ini. Tinggal kita menunggu tim2 mana yg akan membuat kejutan & sekaligus menjegal tim2 mapan tsb. Untuk "Kuda Hitam" gw pilih Rusia, selain karena faktor Hiddink mereka juga sudah terbukti selalu dilindungi oleh Dewi Fortuna. Bukan tidak mungkin tim "Beruang Merah" akan mengikuti jejak tim "Dinamit" Denmark yg mengejutkan dunia pada Euro edisi 1992 yg lalu. Namun jangan pula kita meremehkan Sang Juara Bertahan Yunani. Mereka jg memliki kans yg sama dengan para kontestan lainnya. Tim berjuluk "Negeri Dewa Dewi" ini secara tersirat memiliki ambisi tersendiri, yakni menjadi Juara Eropa 2 kali berturut2 yg belum pernah dicapai oleh tim manapun. Jangan pernah kita meremehkan reputasi "King Otto" Rehhagel dalam meracik "The Hellas seperti yg dia lakukan 4 tahun silam. Tambahan lagi, Otto Rehhagel merupakan pelatih paling senior (selain Karel Bruckner - Ceska) yg sudah pasti sarat pengalaman & banyak mengenyam asam garam pahit getirnya dunia persepakbolaan, baik di level klub maupun timnas.

Robby mengatakan...

Panjang amat bung commentnya! bikin blog tandingan aja sebaiknya he.. he.. he