Social Icons

Pages

26 Agustus 2008

Nilai Mata Uang Terendah dan Tertinggi di Dunia

Mungkin beberapa dari kita sering bertanya-tanya kenapa nilai mata uang negara kita Rupiah sangat rendah bila dibandingkan dengan mata uang negara lain. Apakah mata uang kita mempunyai nilai terkecil di seluruh dunia? kalau tidak, mata uang negara manakah yang lebih kecil nilainya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas, ada baiknya kita lihat tabel top 5 nilai mata uang terendah di dunia berikut ini,

Daftar Top 5 Nilai Mata Uang Terendah Dunia

No.NegaraMata UangSingkatanNilai terhadap 1 USD
1.VietnamđồngVND16.923,7
2.São Tomé and PríncipedobraSTD14.622,1
3.IndonesiarupiahIDR9.276,4
4.IranrialIRR9.722,5
5.LaoskipLAK8.813,3


Dari daftar diatas terlihat ternyata mata uang negara kita bukan terendah dan masih ada 2 negara lain yang mempunyai nilai mata uang lebih rendah dari Rupiah.

Daftar diatas adalah status Bulan Agustus 2008. Apabila daftar dibuat sebelum Agustus sebenarnya ada satu negara yang nilai mata uangnya sangat rendah akibat hyperinflation jutaan persen yang mereka alami yaitu Zimbabwe. Per tanggal 1 Agustus 2008 Zimbabwe melakukan revaluasi terhadap mata uangnya dengan nilai 10.000.000.000 (10 milyar) Zimbabwean Dollar (ZWD) lama menjadi 1 ZWD baru (memotong 10 nol dari nilai mata uang lama) sehingga nilai 1 USD = 250 ZWD dimana sebelumnya 1 USD = 69.484.070.056 ZWD. Revaluasi nilai mata uang ini pernah dilakukan juga oleh China, Yugoslavia, Argentina, Turki dan beberapa negara lain yang mengalami hyperinflation.

Sementara Top 5 mata uang tertinggi di dunia adalah sebagai berikut:

Daftar Top 5 Nilai Mata Uang Tertinggi Dunia

No.NegaraMata UangSingkatanNilai terhadap 1 USD
1.KuwaitdinarKWD0,27042
2.BahraindinarBHD0,38435
3.OmanrialOMR0,38596
4.LatvialatsLVL0,48527
5.United KingdompoundGBP0,53607

Update Terbaru s.d Oktober 2012: 

Mata uang terendah di dunia:

No.NegaraMata UangSingkatanNilai terhadap 1 USD
1.IranrialIRR33.000
2.SomaliashillingSOS22.000
3.VietnamđồngVND20.842
4.São Tomé and PríncipedobraSTD18.775
5.IndonesiarupiahIDR9.600

Mata uang tertinggi di dunia posisinya tidak berubah, hanya nilainya saja yang berubah:

No.NegaraMata UangSingkatanNilai terhadap 1 USD
1.KuwaitdinarKWD 0.280650
2.BahraindinarBHD0.376800
3.OmanrialOMR0.383709
4.LatvialatsLVL0.556600
5.United KingdompoundGBP0.646266

55 komentar:

Anonim mengatakan...

dibanding indonesia...
mata uang iraq masih lebih rendah...
data anda tidak valid

Robby mengatakan...

Per 31 Oktober 1 USD = 1.172,40 bandingkan dengan Indonesia yang RP 10.928,28 per dollarnya.. Oke kalo Anda tidak terima, bisa Anda sebutkan berapa kursnya sekarang???

amudy17 mengatakan...

data anda tidak valid, bagaimana tidak sekarang saja kurs di zimbabwe 250juta dollar zimbabwe per US$nya

mohon di perbarui dan beserta sumbernya

Dony'splace mengatakan...

tak perlu berdebat lah..valid atopun invalid indo posisinya tetap takkan lari dr 5 besar negara yg paling terpuruk mata uangnya di dunia,(baca = ekonomi).. nak tunggu rakyat sejahtera,ekonomimya mantap? tinggu ampe mata uangnya bisa berada diposisi 5 besar mata uang tertinggi di dunia. bukan 5 ter..

jhon mengatakan...

bisanya omdong doang lu

Pura K mengatakan...

Masih banyak negara lain yg nilainya jauh di bawah Indonesia. hampir semua negara di Afrika, nilai mata uangnya jauh di bawah Indonesia. Juga di beberapa negara eropa timur. Turki saja, nilai mata uangnya di bawah indonesia.. tidak percaya ? Silakan survey sendiri...

Magicslap mengatakan...

geblek ni orang2 yg koment...mas robyy itu hnya mnggmbrkan sbrp bsar pngaruh mata uang suatu ngara trhdap dollar.,kurs mta uang suatu ngara itu bisa brubah tiap detikny,bsa jdi lbih tinggi atau turun,,jdi nggk mngkin di update trus lah???gila ap.

Anonim mengatakan...

besok saya diangkat jd presiden di negara saya...
saya janjikan kalian semua saya angkat jadi staf di kementrian keuangan..
SIAP????????????
mas robbi jd mentrinya,,yg lain tukang update....

Anonim mengatakan...

hai kalian semua. negara 4 terbesar adlh negara islam. andai negara islam terwujud maka kita bisa sangat kaya karena islam adlh yg terbaik.

Anonim mengatakan...

woi goblok emg ini lg ngomongin agama !!

Anonim mengatakan...

hmm,, mta uang 4 trbsr ngra islam jdi klu brstu apa jdinya ya ???

Anonim mengatakan...

tingkatkan perekonomian bangsa... post ini sebagai pemacu positif aja
b(n_n)d

Anonim mengatakan...

lah dalah...orang orang ini koq malah sok semua....wong cuma pengen tahu mata uang tertinggi lha koq malah ribut....gimana siih. jangan tersinggung donk...oh ya, kalo kalian mampu, bikin blog juga donk...kan biar kita kita tambah pinter. bukan salah bloggernya...kalo ada yang kurang atau salah, ya kritik cerdas donk....ojo asal usul...kalo asal ga boleh usul, kalo usul ga boleh asal. ngono tho....

zangperindualam mengatakan...

Aneh ni 0rang^^, . mta uang rndah, ek0n0mi b0br0k, .ngara trpuruk dlm kmiskinan. krna smua akibat k0rupsi yg t0tal d smua lmbaga ngara. ni kslahan mreka, gk guna klian cekc0k..

Anonim mengatakan...

hahaha...pada gilak smua gara2 kurs,,,ckckck
nyampe2 ke agama lg....wadduh,,

Anonim mengatakan...

eh goblok dari pada ngurusin mata uang, mendingan punya duit yang banyak dulu. yang penting kaya boy. kalo kaya mau apa aja bisa. kalo udah kaya baru ngurusin mata uang...
yang bawa-bawa agama jangan kaya orang goblok, emang kekuatan umat islam emang berdasarkan mata uang? umat islam harus punya intelektual boy. jangan asal ceplos..

irvan yudha mengatakan...

uang negara lain di urusin. urusin aja uang (ekonomi) di negara kita sendiri. --" yang sekarang udah habis di makan KORUPTOR.

Ajis mengatakan...

Indonesia.,.,. Indonesia.,.,.
kapan majunya kalo begini?????

Anonim mengatakan...

andai aja kita revaluasi dari Rp 100.000 menjadi Rp 100,,,
mimpi kayaknya

kurayaw mengatakan...

gitu aj kok repot..

Anonim mengatakan...

Negara yang makmur hidup rakyatnya, kalau rakyatnya ndak banyak komplain. ;-)

Anonim mengatakan...

Diem pada bringsik.....

Anonim mengatakan...

Setujuu

Anonim mengatakan...

Itu adlh hasil observasi smntara krn kurs itu sewaktu2 bsa brubah tgantung keadaan negara itu, byklah yg mmpngruhi jadi jangan terlalu Kaku menanggapi, sy tingga d kuwait sdh bbrp thun tp kurs rupiah thdp Kuwait Dinar sllu diatas 30rb bhkan skg mncapai 34rb skg

Anonim mengatakan...

Itulah sebabnya indonesia gak bs maju,dan selalu miskin,krn masyarakatnya slalu lebih mementingkan isme dr pada kemajuan bangsanya sendiri,ehh..loe yg omongin ttg agama..pasti loe org nya paok dan tolol..,makanya omongan loe lari dr topik..mati aja loe...

Anonim mengatakan...

Orang omongin ttg kurs mata uang kau malah omongin ttg agama..,Ehh..kau yg omongin ttg agama, babi sm kau..pukima sm kau..kau fikir kau msk surga taek..anjing kau..sok suci kau..

Anonim mengatakan...

Orang omongin ttg kurs mata uang kau malah omongin ttg agama..,Ehh..kau yg omongin ttg agama, babi sm kau..pukima sm kau..kau fikir kau msk surga taek..anjing kau..sok suci kau..

Anonim mengatakan...

Babi sm kau..jgn kau fikir kau msk surga taek..pukima sm kau..sok suci kau..!!!manusia yg sperti kau inilah yg membuat indonesia gak bs maju dan slalu tertinggal dr negara maju lainnya...anjing kau..!!!

Anonim mengatakan...

maaf ya kawan2 bukannye aye sok tau, setau aye yang menjadi top 3 itu karena negaranya penghasil minyak bumi terbesar di dunia. jadi cengli aja kalo tu negara mata uangnya kuat.jadi gak ada hubungannya sama agama.

Anonim mengatakan...

tapi kok iran masuk 5 terendah ya?

Anonim mengatakan...

Itu karena iran saat ini lagi dalam embargo, sehingga mempengaruhi perekonomian mereka... disamping negara mereka lumayan luas dengan penduduk yang lumayan banyak... itu cma salah satu faktor...

Klo untuk 4 negara teratas, itu karena mereka negara kaya... kondisinya mereka adalah negara penghasil minyak, dimana wilayah negaranya cma kecil dengan penduduk yang sedikit... otomatis hidupnya makmur... (ibaratnya, yang mana yg lebih makmur? Duit 1 milyar yg dipakai untuk 1000 orang atau duit 1 milyar yang hanya dipakai oleh 100 orang...?) Seperti itulah ilustrasinya...

Kalau untuk indonesia, memang korupsi menjadi masalah utama... qta seperti philippines dlu, negaranya terpuruk karena skandal keuangan yg berkepanjangan... tapi sekarang mereka udah lebih maju dan makmur dari qta, lebih menyedihkan lagi, sekarang kita udah dibawah Laos... T.T

Bpk. Fadel Muhamad dlu pernah bilang, walaupun qta punya tanaman2 pangan yg special seperti palah dan cengkih, tapi qta sebenarnya adalah negara maritim, bukan negara agraris seperti thailand dan vietname...
Kenapa qta nggak manfaatkan saja keunggulan kita dibidang bahari seperti qta memiliki ikan2 dengan mutu terbaik didunia... terus kenapa qta nggak memaksimalkan wisata kepulauan...? Seperti memaksimalkan resort2 pantai...
Coba lihat negara2 kepulauan di pasifik dan karibia, mereka hanya negara2 kecil, tapi perekonomian mereka lebih makmur dari qta... contohnya nggak usah jauh2 hawaii, negara bahama saja hanya terdiri dari kepulauan kecil kemudian penduduknya sebagian besar merupakan keturunan para budak dan buangan pada masa perang dunia dan penjajahan, tapi sekarang mereka memiliki wisata resort yg menjadi salah satu wisata perairan yg terbaik dan termahal di dunia... nggak heran kalau kurs mata uang mereka hampir setara dolar amerika....

Kalau nggak salah Colombia memiliki kurs mata uang yg setara atau mungkin lebih tinggi daripada Amerika, yah wajarlah, mereka kan merupakan negara penghasil opium terbesar di dunia... amerika latin kan surga tanaman opium dan ganja...

Maaf yah udah kebanyakan ngomong... hehehe ^.^

YUSUP AL HASNI mengatakan...

Sebenarnya yang mempengaruhi mata uang suatu negara cara negara itu sendiri menghargai mata uang nya( banyak menggunakan barang produk sendiri ketimbang impor)

YUSUP AL HASNI mengatakan...

Dan belajar mandiri di beberapa bidang untuk mengurangi peredaran rupiah terlauh banyak di luar negeri

YUSUP AL HASNI mengatakan...

Yang sering ke luar negeri ,belajar untuk mengurangi ,kalau urusan bisnis expor barang indo keluar tidak masalah.karena dari situlah nilai Rp naik ,pada intinya menghargai Rp dengan penghematan di segalah aspek dan meningkatkan expor di segalah bidang terkecuali jual beli manusia dan barang barang ilegal (saya tidak yakin Indonesia bisa tapi saya masih offtimis Indonesia bisa ,saya bingung ada pun bingung maaf saudarah sebangsa horasss torang samua basudarah

OBAMA mengatakan...

wadduuh,,, emangnya kalian smua ni ahli mata uang ya?? pada ribut, kya anak2 lgi berebut uang aja.. hehehe,, mending klian kampanye aj..

Anonim mengatakan...

Belegug

Anonim mengatakan...

Santai bro klo coment jgn bawa keluarga loe babi,anjing segala.belegug

Anonim mengatakan...

Kita tidak bisa maju karena KORUPTOR

Anonim mengatakan...

100.000 dadi 0,0001 uapik wii

Anonim mengatakan...

tk perlu ngurus mata uang negara dulu cuy.... urus dulu mata uang rumah tangga.. udh cukup pa blm... kalu blum cukup kerja cuy... n kalu udh lebih dari cukup baru ngomongin mata uang....

Erv Fahri mengatakan...

Yang salah presidenya juga ni kenapa untuk rakyanya sendiri tidak mau klw untuk anak nya ulang tahun dananya sampai 40 MILIAR. pas
Rakyat kecil perlu bantuan. Orang orang besar bersenang senang lah. Anturanyakan bantu dulu rakya kecil. Masalah di bagian korupsi melulu
menurut aku ya bagusan yang korupsi di penjarakan dan pekerjaanya di hilangkan biar tak ada pekerjaan lagi para korupsi itu
kadang pun korupsi ini momenang sendiri.
terimakasi cuman itu saran saya

Anonim mengatakan...

SBY buang k'laut...buat anggotax banyak korupsi...mka'x nilai rupiah semakin trpuruk d'dunia

satya photo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
satya photo mengatakan...

para koruptorla yg harus dhapuskan dn dimusnahkan..

Anonim mengatakan...

Hoam. . .
Brisik aja lu smua

Mamank Anas mengatakan...

I Love This Country haha

Anonim mengatakan...

tidak tau diuntung, itulah sebgaian masyarakat indonesia, belum punya sumbangsinya buat negara malah komentar saja, mas robby hanya menyampaiakan sedikit pengetahuannya. kita menjadi ahli/ penemu hebat dibidang tertentu saja tidak punya, mungkin bikin blog juga g tau, jadi kita harus punya malu. harus bangga dong, negara kita walaupun mt uangnya 5 terendah, tapi bukuan negara termiskin dan tidak kelaparan seperti di sebagian besar wilayah afrika.

Anonim mengatakan...

Wadoh.. Gak ada ngruhnya.. Berapa pun nilai uang kita yg penting hepi

Anonim mengatakan...

jgn byk bacot buka aja link ini: http://www.convertworld.com/id/mata-uang/

Anonim mengatakan...

walah walah..
drpda klian betekak trus..
Mnding klian bljar2 bagus2..
Spya klian bisa gantikan para pmrintah yg skrg ne n jdikan nilai mata uang Rp jdi 5 mta uang tertinggi..

Anonim mengatakan...

Agama boleh sama, tp otak pasti beda.. Dasar otak taek.. Dungu, bloon..

Anonim mengatakan...

Hei, utamakan agama, bukan kekayaan dunia saja, tidak mesti kaya banyak uang bisa mengurus mata uang itu, tapi hanya dengan kecerdasan dan akal yg dapat memajukan bangsa ini. Jaman sekarang banyak orang kaya untuk berfoya2. Islam di bumi seperti penjara, dan kaum kafir di bumi seperti surga. Jadi banggalah dengan islam.

Anonim mengatakan...

babi muslim......apa2 bawa agama trus......muslim pukki may.....

aguz andrian mengatakan...

Skrg tambh lebur nilai rupiah.. Hadeh

Anonim mengatakan...

mau banyak pun inpor atau expor ke indonesia hasil nya tetap sama,coba kk dan abg" lihat organisasi" yang ada di dunia yang ada indonesia nya pasti negara kita hanya untuk penghasil buat negara" lain yang di beli murah,dari dulu uadh seperti itu jadi gak ada perubahan walaupun yang duduk di kursi pemerintahan kita tamatan S1,S2 :D
ntah kapan ngera kita ni jadi peringkat 1 di atas segala" nya :D